Senin, 21 Juli 2014

Membentuk karakter islami siswa melalui kegiatan pesantren kilat pada bulan ramadhan di sekolah

Assalamualikum Wr. Wb.

Pada kesempatan yang baik ini, Alhamdulillah saya akan berbagi pengalaman tentang “Membentuk karakter islami siswa melalui kegiatan pesantren kilat pada bulan ramadhan di sekolah”. Kegiatan pesantren kilat ini adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan di sekolah saya. Semua guru dan siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pesantren kilat tersebut.

Pesantren kilat merupakan suatu kegiatan yang sangat positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter islami pada siswa di sekolah. Melalui kegiatan pesantren kilat pula dapat membina akhlakul karimah diantara para siswa, memperkenalkan kepada siswa untuk menjadikan sebagai wadah mempersatukan umat serta memberikan pendidikan agama islam sejak dini kepada siswa untuk membentengi akhlak dan moralnya agar tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif.
Kegiatan pesantren kilat harus dilakukan sejak dini dan akan terus digelorakan secara berkelanjutan karena menjadi suatu langkah pendidikan yang strategis bagi siswa dan sekolah. Pesantren kilat dianggap sebagai suatu investasi di dunia maupun di akhirat bagi siswa maupun guru. Bagi siswa, melalui kegiatan pesantren kilat maka siswa akan dituntut belajar sejak dini mempelajari agama islam seperti membaca dan menghafal surat-surat Al Qur’an, berdoa, dan lain-lain. Bagi guru, melalui kegiatan pesantren kilat maka akan menjadi suatu kerja sosial (ibadah) yang akan mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT jika dilandasi dengan penuh keikhlasan.
Pesantren kilat ini dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 16, 17, 18 dan 19 Juli 2014 di SDN Boak yang diikuti oleh seluruh siswa. Adapun acara kegiatan yang dilakukan di dalam pesantren kilat tersebut adalah antara lain :
1. Tadarus Al Qur’an
Tadarus Al Quran dilaksanakan di kelas masing-masing dengan bimbingan guru serta tutor sebaya. Tutor sebaya ini adalah teman-teman mereka sendiri yang memang memiliki kemampuan lebih di bidang membaca Al Qur’an. Dengan tadarus Al Qur’an maka siswa akan dilatih agar terbiasa membaca Al Qur’an. Membaca Al Qur’an merupakan sebuah amalan mulia yang dapat mencerahkan lahir batin, sebagai syafaat di hari kiamat, menghindarkan azab kubur dan mendapat petunjuk serta pertolongan dari Allah SWT.
2. Ceramah Agama
3.Lomba Keagamaan
adapun lomba yang kami laksanakan antara lain : Lomba Adzan, Pildacil, Hafalan Ayat Pendek, Shalat Berjamaah



Demikianlah sharing pengalaman saya tentang “Membentuk karakter islami siswa melalui kegiatan pesantren kilat pada bulan ramadhan di sekolah”.
Semoga artikel yang sederhana ini bisa bermanfaat. Amin.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Penulis,
Iwansyah, S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar