Jumat, 03 Oktober 2014

"MATA RAME" pada pawai Fstival Moyo 2014

"FESTIVAL MOYO" kembali digelar, perhelatan ini merupankan ajang budaya yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat tana samawa. Berbagai macam budaya adat tana samawa dan kegiatan lain yang mendunia telah diselenggarakan. Salah satunya yaitu pawai budaya yang diikuti oleh masing-masing kategori antara lain: umum, etnit, SMA sederajat, SMP sederajat, dan SD sederajat yang ada di Kab. Sumbawa.


Jum'at (3/10/14), jam 14.00 WITA, iring-iringan pawai SD yang sangat memukau,dengan tema pertanian yang dikemas dengan sangat menarik. Berbagai macam adat istiadat sumbawa dalam lingkup pertanian yang ditampilkan, diantaranya adat basiru tau samawa yaitu "MATA RAME". Adat ini turun temurun dikalangan masyarakat sumbawa sebagai bentuk tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari. Mata yaitu kegiatan panen padi, sedangkan rame dilakukan bersama-sama. Mata sangat berbeda dengan panen modern masa kini, dimana peralatan yang digunakan sangat sederhana, ini terlihat dari peralatan yang di bawah oleh peserta pawai.

Tema pertanian yang di angkat oleh SDN Boak dikemas dengan kebinekaantunggalika, mengingat budaya sumbawa juga termasuk khazanah budaya yang ada di nusantara. Yuk kita intip seperti apa penampilan mereka dalam galeri foto berikut :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar